Senin, 08 November 2010

Cerminan Kondisi Sungai Di Pekanbaru Tahun 2004

Sungai merupakan suatu bentuk ekositem aquatic yang mempunyai peran penting dalam daur hidrologi dan berfungsi sebagai daerah tangkapan air (catchment area) bagi daerah disekitarnya, sehingga kondisi suatu sungai sangat dipengaruhi oleh karakteristik yang dimiliki oleh lingkungan disekitarnya. Sebagai suatu ekosistem, perairan sungai mempunyai berbagai komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi membentuk suatu jalinan fungsional yang saling mempengaruhi. Komponen pada ekosistem sungai akan terintegrasi satu sama lainnya membentuk suatu aliran energi yang akan mendukung stabilitas ekosisten tersebut.

Sungai Senapelan, Sago dan Sail merupakan sungai yang terdapat di Kota Pekanbaru, dimana keberadannya sangat berperan penting sebagai daerah tampungan yang penting dalam daur hidrologi yang berasal dari daerah disekitarnya dengan berbagai kegiatan industri, pertanian, perkotaan dan lain sebagainya. Sungai sungai tersebut merupakan bagian dari sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak, dimana aliran airnya bermuara pada Sungai Siak. Dengan demikian keberadaan sungai Senapelan, Sago dan Sail secara langsung akan mempengaruhi kondisi perairan Sungai Siak.


Meningkatnya aktifitas pembangunan yang dilakukan di Kota Pekanbaru menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya memacu peningkatan aktifitas di segala bidang. Kondisi ini akan memicu pertambahan penduduk, dimana saat ini Kota Pekanbaru tergolong kota sedang yang mempunyai jumlah penduduk cukup tinggi.

Tingginya aktifitas yang terdapat pada daerah di ke tiga sungai tersebut akan menyebabkan besarnya volume limbah yang dihasilkan oleh aktifitas tersebut. Bahan pencemar yang berasal baik dari aktifitas perkotaan (domestik), industri, pertanian dan sebagainya yang terbawa bersama aliran permukaan (run off), langsung ataupun tidak langsung akan menyebabkan terjadinya gangguan dan perubahan kualitas fisik, kimia dan biologi pada perairan sungai tersebut yang pada akhirnya menimbulkan pencemaran. Dimana pencemaran pada badan air selalu berarti turunnya kualitas dan air sampai ketingkat tertentu akan menyebabkan air dan tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Sumber pencemar yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Senapelan, Sago dan Sail antara lain : (1) Limbah Organik, dapat bersumber dari limbah pasar, rumah tangga, restoran/rumah makan, industri perkayuan dan sebagainya. Kandungan limbah organik yang tinggi pada perairan sungai dapat meyebabkan terjadinya proses eutrofikasi (penyuburan perairan). (2) Limbah an organik (logam berat), dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap penurunan kualitas sumberdaya air seperti Cu, Zn, Hg, Cd, Cr, Pb dan lain sebagainya. Polutan yang masuk ke perairan sungai juga mengalami proses pengendapan pada sedimen dasar yang dapat bersifat toksik. Sehingga berpotensi untuk mencemari sumber-sumber air yang ada bila tidak dikelola secara bijaksana. Penurunan kualitas biologi pada perairan sungai akan mengakibatkan timbulnya berbagai permasalahan seperti sanitasi dan kesehatan masyarakat di sekitar aliran sungai semakin rendah. Buruknya sanitasi dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit infeksius seperti diare, dysentri, colera dan lain-lain. Penurunan kualitas perairan sungai juga dapat menyebabkan kematian biota air seperti ikan dan selanjutnya akan membawa dampak terhadap perekonomian masyarakat disekitar sungai yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. (Sumber: Jurnal Biogenesis Vol. 1(1):15-20, 2004*KUALITAS BIOLOGI PERAIRAN SUNGAI SENAPELAN, SAGO DAN SAIL DI KOTA PEKANBARU BERDASARKAN BIOINDIKATOR PLANKTON DAN BENTOS oleh Suwondo*), Elya Febrita, Dessy dan Mahmud Alpusari Tahun 2004)

Lantas, bagaimana kondisi sungai-sungai yang ada di Pekanbaru sampai saat ini? Saat ini sungguh sangat minim informasi tentang kondisi dan situasi yang ada terkait sungai-sungai yang ada di Pekanbaru, hal ini akan berakibat pada menurunnya kualitas sungaii-sungai yang ada di Pekanbaru karena ketidaktahuan akan pentingnya kita semua untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sungai yang ada.


1 comments:

Zainuri Hasyim mengatakan...

Nice post!
Eh, gimana rencana dengan Sungai Sail itu?

Zen

Posting Komentar