Selasa, 08 Juni 2010

Mengais Rezeki Di Air Keruh


Sungai Kampar Kiri sedikit berbeda kondisinya dibanding Sungai Subayang. Kampar Kiri lebih lebar dan berlumpur. Airnya dalam, sehingga dua perahu karet yang digunakan oleh para aktivis River Defender dengan lancar dapat melintasi rute Lipat Kain – Gunung Sahilan di hari kedua ekspedisi Sungai Kampar ini.
Seperti juga pengarungan di hari pertama, pengamatan, wawancara dan penelitian kualitas air juga dilakukan sepanjang perjalanan sejauh 50 kilometer ini.

Cukup banyak aktivitas warga masyarakat yang dijumpai di sepanjang perjalanan, terutama yang terkait dengan Sungai Kampar Kiri ini. Hampir setiap orang yang dijumpai adalah nelayan setempat yang mencari ikan untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Mereka umumnya menggunakan tiga jenis alat tangkap ikan, yaitu pancing, jaring hanyut, dan perangkap ikan yang disebut “lukah”. Anehnya kondisi air sungai di sini berbeda jauh dengan di Sungai Subayang. Secara kasat mata, air Sungai Kampar Kiri terlihat sangat keruh layaknya kopi susu yang terlampau banyak campuran susunya. Berdasarkan pengukuran di lapangan, tingkat kecerahan airnya hanya sekitar 20 cm saja.


Keanehan ini pun akhirnya terjawab ketika para aktivis River Defender mewawancarai beberapa orang nelayan itu. Ternyata kebutuhan nelayan untuk mencari ikan telah mengalahkan logika mereka untuk mengais rejeki di air keruh. Ikan yang mereka dapatkan tidak lah melimpah. Mereka hanya mendapat beberapa ekor saja dalam setiap harinya.

Seorang nelayan tua bernama Pak Darmawis, bertutur jujur tentang menurunnya hasil tangkapan ini. “Dulu saya bisa dapat 30-40 kg ikan dalam sehari. Namun sekarang air sungai telah keruh sehingga ikannya pun terkadang tak dapat”, jelas Pak Darmawis.

Ketika ditanya lebih lanjut tentang penyebab kekeruhan sungai ini, Pak Darmawis mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh kegiatan penambangan emas di Sungai Sengingi. Sungai Sengingi adalah salah satu anak Sungai Kampar Kiri yang berhulu di Kabupaten Kuantan Sengingi.



Para aktivis River Defender ternyata juga mendapat penuturan serupa dari hampir setiap nelayan yang dijumpai. Semua mengeluh soal keruhnya air sungai sehingga mengurangi hasil tangkapan ikan mereka. Padahal daerah sepanjang aliran sungai ini telah sejak lama dikenal sebagai daerah penghasil ikan sungai. Rusaknya kondisi air sungai tentu saja akan mengganggu perekonomian di kawasan ini.

Sebagai ilustrasi tambahan, dua desa di tepian Sungai Kampar Kiri, yaitu Desa Gunung Sahilan dan Sahilan Darussalam. Dari penuturan seorang warga setempat, jika penduduk di kedua desa tersebut dihitung maka lebih dari 50% penduduknya menggantungkan hidup sebagai nelayan.

2 comments:

hari the blacket mengatakan...

hasil riset tim river defender se berapa parah kadungan mercury nya di sungai kampar? sebelum bertambah parah selamat nasib saudara kita yang ada di DAS kampar dari mercury hidup river defender. selamat kan kampar dari kehancuran. kalau tim river defender bisa meriset mercury dan ngimana mengatasi nya share yaa aku pengen belajar.

salam
hari kikuk T116

danasahabat.blogspot.com mengatakan...

Promo terbaru Bank UOB BUANA dapat kan Discount hingga 50 % untuk setiap pembelanjaan di CAREFOUR,ADA MALL,PALACE SQUARE.KEDAI AMARTA.KAMPUNG LAUT.SHABU SHABU.MAJESTI.PIZZA CAFE.DAN SUPERMARKET SELURUH INDONESIA,DISKON 30 % DI EUROSKIN LAB,20 % DI ESC,FREE VOUCHER AT GAYA SPA SENILAI RP 1000.000, DAN DISCOUNT 20 % AT ALL GAYA SPA,DAN DISCOUNT DISCOUNT HINGGA 30 % FOR CHEK UP AT PRODIA promo langsung bila apply lady's card :
1.mendapatkan 5 vouvher yaitu untuk spa,salon,body massage,dll di gya spa dan chemical salon.

2.free check up di prodia

3.discount up to 20% untuk vaccination dan check up di prodia OHI

4.discount up to 20% untuk executive health screening dan skin rejuvenation di rumah sakit pondok indah

5.discount 30% free skin treatment packages di euroskinlab

6.discount 20% untuk slimming packages di european slimming center

7.beli apapun dan dimana pun cicilan 0 % untuk 3 bulan]
untuk pengajuan hubungi
chairul sarto utomo
asm Dewi ika
UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
SEMARANG,50000
VIA SMS 083842276191 info di fashion88unik.blogspot.com

Posting Komentar